Inilah Varian yang Banyak Diburu Kolektor

Jenis, motif, hingga corak batu akik asli Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bervariasi jadi satu diantaranya alasan segala akik mania memburu batu mulia khas NTT. Dari berbagai varian batu akik yang dijangkau pada daratan Pulau Timor, paling sedikit ada 10 batu akik yang menjadi idola dengan buruan segala pelancong serta penggila batu akik, terutama ketika digelar pameran dalam Kota Kupang, ibu kota NTT.

Nah seandainya Kita publik batu akik asli NTT tidak salah coba berburu sepuluh batu akik yang jadi idola serta buruan pelancong yakni Sisik Naga, Badar Timor, Sei Timor, Giok Timor, Panca Warna, Solar Timor, Lumut, Virus, Jahanam dengan Loreng Timor.

Sepuluh batu akik ini memiliki bermacam varian bentuk, motif dan warna. Sepuluh batu akik tersebut banyak dijangkau pada bermacam kalangan dalam pulau Timor NTT. Kini tinggal disesuaikan selera serta kantung Anda untuk membelinya.

Pemilik Toko Gicok Pertandingan Stone Kupang, Rony Fernandes menurut Pos Kupang, Kamis (9/7/2015) di ajang pameran batu akik Timor di Hypermart Kupang Tindakan Bundaran PU Kupang menuturkan dari beberapa batu akik yang ada pada daratan Pulau Timor pasti sangat banyak dijangkau macam Sisik Naga.

Kesimpulan itu berpatokan pada pengalamannya berburu batu akik dalam beberapa pelosok pada wilayah Pulau Timor dari Kota Kupang sesudah perbatasan Kabupaten Belu juga Timor Leste. “Pengalaman saya berjualan batu akik di NTT juga Jakarta, batu akik jenis Sisik Naga paling sangat banyak disukai orang. Selain harganya murah, varian, corak juga warna batu ini banyak satu kali.

Batu tersebut juga dominan ditemukan pada beberapa kalangan daratan pulau Timor NTT. Rony menambahkan jika setiap pelancong yang ingin menyukai batu bentuk itu tidaklah tidak mudah saat tiba dalam Kota Kupang.

Ia mengatakan batu akik Sisik Naga hampir seperti serta batu akik Andrekang. Perbedaannya, batu akik Sisik Naga NTT bisa ditembus dengan cahaya. Sedangkan batu akik Andrekan tidak berhasil.

“Batu tersebut juga banyak dicari orang karena dipercayai mendapatkan hoki bagi si pemakainya,” ungkap Rony.

Demi harganya, Rony yang menampilkan lapaknya pada Cara Sudirman Nomor 42, Kuanino Kupang menyatakan, batu akik Sisik Naga dalam bentuk potongan seharga Rp 100.000. Sedangkan pada bentuk cincin mencapai Rp 300.000 setelah Rp 350.000. Sedangkan pada bentuk liontin harganya sukses mencapai Rp 600.000 per buahnya.

Untuk batu Badar Timor, Rony mengakui banyak variannya. Beberapa varian itu pada antaranya badar juga serat emas dan perak. Jika merekrut pada bentuk potongan harganya, Rp 100.000. Sementara jika Kamu membeli pada bentuk jadi Rp 250.000 per buahnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s